Pentingnya Belajar Digital Marketing pada Industri 4.0

Berbicara tentang trend industri 4.0, era profesi baru menjadi hal yang paling diminati dan memiliki prospek yang menjanjikan. Dari sekian banyak lowongan pekerjaan di bidang profesi baru, ada salah satu role yang cukup diminati, yaitu Digital Marketing.

Bagi Anda yang tertarik dan ingin terjun dalam pekerjaan dalam dunia Digital Marketing, artikel kali ini sangat cocok untukmu. Artikel ini juga cocok untuk Anda yang baru ingin memulai atau yang baru melirik pekerjaan ini sebagai potensi career exchange.

Apa itu Digital Marketing?

Digital Marketing merupakan suatu kegiatan pemasaran atau promosi sebuah brand atau produk menggunakan media digital atau internet.

Tujuan dari kegiatan pemasaran ini adalah untuk menarik konsumen dan calon konsumen secara cepat. Seperti yang kita tahu, penerimaan teknologi dan internet di masyarakat sangat luas sehingga tidak heran kegiatan pemasaran secara digital dijadikan pilihan utama oleh perusahaan-perusahaan.

Beberapa contoh teknik pemasaran yang termasuk dalam Digital Marketing adalah SEO (Search Engine Optimization), periklanan online seperti FB ads dan Google Ads, press release, billboard elektronik, email marketing, mobile marketing, dan lainnya.

Akibatnya, perusahaan saling berkompetisi membuat konten yang menarik untuk ditampilkan dalam pemasarannya di dunia maya.

Belajar Digital Marketing
(Source : Pixelab)

Dunia Digital Marketing terus mengalami perkembangan. Strategi yang diterapkan tentunya juga terus berevolusi mengikuti kemajuan dunia digital yang pesat. Nah, marketing 4.0 merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang saat ini sedang digunakan oleh negara-negara yang menuju perekonomian digital seperti halnya Indonesia.

Apa itu Marketing 4.0?

Marketing 4.0 merupakan sebuah pendekatan pemasaran yang memadukan interaksi digital dan tradisional yang terjadi antara perusahaan dan pelanggan. Di era ini, pemasaran tidak cukup jika hanya menggunakan media digital saja.

Perusahaan juga membutuhkan bentuk pemasaran tradisional untuk memastikan konsumen mendapatkan pelayanan yang memuaskan dari produk atau jasa yang ditawarkan.

Dilansir dari jurnal.id pasar digital tidak berusaha untuk menjatuhkan pasar tradisional. Dalam marketing 4.0, keduanya justru akan mengisi peran masing-masing untuk melengkapi strategi marketing ini.

Bagaimana contohnya? Dilansir dari Marketeers , marketing 4.0 tak cuma memadukan tradisional dan digital, tapi juga menggabungkan style dengan substance. Ini artinya sebuah brand tidak hanya mengedepankan digital branding yang bagus. Brand juga harus menghasilkan konten yang relevan, menarik, dan up-to-date untuk para pelanggan.

Nah, pembuatan konten inilah yang mengharuskan adanya sentuhan manusia dalam prosesnya. Bantuan teknologi menjadi hal yang sering dijumpai dalam memajukan marketing 4.0, tetapi konsep ini juga tetap membutuhkan sentuhan manusia atau human-to-human untuk memperkuat customer engagement.

Jadi, perpaduan inilah yang disebut dalam marketing 4.0.

Skill yang dibutuhkan seorang Digital Marketing dalam dunia Industri 4.0

Untuk terjun dalam dunia Digital Marketing dan menjadi seorang yang handal dalam bidang ini, dibutuhkan kombinasi antara kemampuan teknis serta soft skills. Di antaranya adalah:

1. Problem solver

Skill problem solving merupakan suatu kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan sistematis. Dimulai dari melakukan identifikasi, menyeleksi informasi terkait masalah yang sedang dihadapi, dst. Ini sangat penting sekali di revolusi industri 4.0 karena di era digital itu informasi banyak sekali & sangat berserakan.

2. Negosiasi

Skill negosiasi merupakan sebuah kemampuan berbicara, bernegosiasi & meyakinkan orang lain dalam aspek pekerjaan. Seperti yg kita tahu bahwa sebuah pekerjaan diperlukan kesepakatan bersama bukan? Jadi kalo mungkin Anda tidak memiliki kemampuan negosiasi dengan baik, jangan lupa untuk berlatih ya!

3. Decision Maker

Kenapa seorang Digital Marketer perlu memiliki skill judgement and decision making? Karena di dalam dunia kerja pun kita diharuskan mengambil keputusan dalam kondisi apapun bahkan ketika berada di bawah tekanan sekalipun jadi harus tetap siaga mengambil keputusan secara tepat dan cepat.

Baca juga : Apa itu Content Marketing dan Cara Membuatnya

Tantangan Digital Marketing di Masa Depan

Digital Marketing mampu untuk mengubah ritme dan behavior dari setiap industri, tetapi kita harus memahami keterbatasannya dalam membantu permasalahan di bidang pemasaran. Berikut adalah beberapa tantangan yang akan dihadapi dalam dunia Digital Marketing:

Memilih Teknologi yang Tepat.

Memilih teknologi pemasaran yang tepat dapat menjadi keputusan yang membingungkan. Sebelum memilihnya, Anda bisa memulai dengan memperhatikan hal-hal berikut:

Pastikan kegunaan teknologi dapat mendukung kebutuhan perusahaan.

Pilih teknologi dengan komponen interface yang mudah dipahami oleh tim yang Anda miliki.

Gunakan teknologi yang memfasilitasi terjadinya otomasi dalam proses Digital Marketing Anda.

Menciptakan Traffic & Leads.

Menciptakan atau mendatangkan traffic dan leads dalam Digital Marketing memang tidak selalu mudah. Salah satu hal yang dapat dilakukan terlebih dahulu ialah menyesuaikan jenis konten yang Anda buat dengan jenis konten yang diinginkan target audiens perusahaan Anda. Kemudian, pastikan kontenmu tersebar di saluran yang tepat.

Kenaikan Pengeluaran Budget.

Biaya untuk Digital Marketing saat ini cukup rendah dibandingkan dengan bentuk tradisional lainnya seperti iklan TV, radio, koran, dan billboard. Digital Marketing digunakan untuk mendapatkan awareness dan revenue tanpa melalui digital channel. Tetapi untuk dapat memaksimalkan penggunaan platform-platform digital, dibutuhkan biaya yang lebih sehingga pada akhirnya akan meningkatkan biaya advertising. Digital marketing juga sangat cocok untuk kamu yang masih mahasiswa tapi ingin membangun usaha dengan modal minim,  kamu bisa membaca artikel tentang rekomendasi usaha dengan budget 1 jutaan aja.

By:

Tugas Kelompok 5 HariSenin.com

Kalo gabut ya nulis, kalo nulis ya berarti gabut
Pos dibuat 12

Satu tanggapan pada “Pentingnya Belajar Digital Marketing pada Industri 4.0

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pos Terkait

Mulai mengetik pencarian Anda diatas dan tekan enter untuk mencari. Tekan ESC untuk batal.

kembali ke Atas